Posted by : Allif Mahendrajati Selasa, 19 Februari 2013


Mungkin kalian sering atau bahkan setiap mendengarkan kutbah sholat jumat ngantuk atau bahkan tidur, kalo saya sih sering juga, tapi saya ada trik biar tidak ngantuk.

1. Sebelum berangkat sholat Jum’at usahakan mandi dulu, biar badan seger. Badan segar membuat anda semangat, apalagi untuk sholat jumat.
2. Kalau masih mengantuk, maka jangan sarapan terlalu banyak paginya, Karena sarapan terlalu banyak akan membuat anda mengantuk.
3. Kalau Anda tidak bekerja di hari Jumat atau bekerja setelah sholat Jum’at, maka tidur dulu sejenak sebelum sholat Jum’at bisa jadi salah satu solusinya.
4. Kalau ketiga cara di atas masih gagal, mungkin salah satu cara yang sedikit ampuh adalah minum kopi sebelum berangkat sholat Jumat. Kopi bisa jadi salah satu cara yang ampuh untuk membuat kita terjaga dan tidak mengantuk.
5. Kalau Anda masih mengantuk geser tempat duduk, atau ganti tempat duduk (kalau masih ada yang kosong). Atau Anda bisa mengambil air wudhu dan berwudhu lagi.
6. Kalau anda tetap mengantuk, maka bawa catetan dan catat isi khutbah, hal ini Diperbolehkan. Karena isi khutbah adalah ilmu dan dengan mencatatnya ilmu tersebut sama saja dipelajari. Yang tidak diperbolehkan adalah membuat kegiatan yang sia-sia ketika khutbah berlangsung, namun menulis ilmu yang ada pada khutbah itu bukanlah perbuatan yang sia-sia dan salah satu ibadah.
7. Harus punya niat yang kuat bahwa pada saat khutbah nanti ingin benar-benar memahami isi khutbah, mendengarkan ceramah dan tidak akan mengantuk. Tanpa komitmen dari awal, anda akan mengantuk nantinya.

Sekian tips dari saya...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Allip Blog. Diberdayakan oleh Blogger.
Welcome to My Blog

- Copyright © 2013 Allif Mahendra -Dark Amaterasu Template -